Saturday 20 September 2014

TAMAN RUSA

Apa yang terbayang dibenak anda ketika disebut taman rusa? Dibenak saya, taman rusa adalah taman yang dipenuhi oleh rusa-rusa sebagaimana taman yang pernah saya lihat dekat Candi Prambanan di Jogja. Namun ternyata Taman Rusa di Aceh ini, tepatnya di desa Blang Biro, kecamatan Suka Makmur, kabupaten Aceh Besar jauh dari bayangan saya sebelumnya.


Perjalanan dari tempat dimana saya tinggal menuju kesana tidak begitu jauh, hanya melewati beberapa desa saja, ya...sekitar 3 km dari desa saya, namun masih dalam satu kecamatan.



Tiket masuknya cukup murah, hanya Rp.10.000 saja perorangan. Kalau tiket untuk rombongan saya kurang ingat berapa, sebab waktu itu saya pergi kesana bersama rombongan sekolah ibu saya, jadi bendahara sekolah yang membayar biaya tiket masukya 😃 Saat saya memasuki area taman,  saya melihat begitu banyak wahana yang ditawarkan: mulai dari kolam renang, kereta api, sepeda air bebek, kebun binatang, dan banyak lagi yang lainya. Bagi yang ingin berenang harus membayar tiket lagi sebesar Rp.5.000/orang. Sedangkan sepeda air bebek tiketnya Rp.10.000/orang. Intinya setiap wahana memiliki nilai tiket yang berbeda.


Saya pikir tempat ini memang didesign selengkap mungkin, karena di kawasan pedesaan seperti ini sangat jarang sekali ada wahana hiburan. Mungkin bila anda sudah sering ke Anjol, Ranggunan, kebun Raya Bogor, atau tempat-tempat wisata lainnya di kota-kota besar, bisa jadi taman rusak ini biasa saja. Namun tunggu dulu, ada yang akan anda dapatkan disini, dan itu sulit anda nikmati di kota-kota besar, yaitu bisa menghirup udara segar dan bisa menikmati indahnya panorama pengunungan sambil duduk santai di balai-balai yang disediakan dipinggir danau. Selain itu, jika di tempat lainnya anda harus pergi ke tempat yang berbeda untuk menikmati suasana yang berbeda, disini anda bisa mendapatkannya dalam satu area.


Enaknya lagi, jika anda ingin berlibur bersama keluarga dan membawa beragam jenis makanan buatan tangan sendiri, tidak menjadi masalah. Anda cukup membayar sewa tempatnya saja tanpa harus memesan makanan tambahan. Memang ada banyak kantin dan makanan yang ditawarkan disini, namun tentu saja sedikit lebih mahal jika dibandingkan bila anda membelinya diluar.

Inilah taman rakyat yang cukup diminati saat ini di daerah saya, murah meriah. Untuk menuju kesana anda bisa melalui beberapa jalur: bila anda sedang berada di kota Banda Aceh, anda bisa menuju ke taman rusak menggunakan sepeda motor or mobil melalui jalan Banda Aceh-Medan hingga sampai pasar Sibreh. Dari sana anda tinggal mengikuti papan petunjuk untuk menuju ke tempat tersebut. Anda juga bisa melewati jalan baru Batoh menuju Lampeneurut. Dari jalan Lampeneurut ini anda juga akan menemukan papan petunjuk bagaimana menuju kesana. So, jangan khawatir, petunjuk tersebut cukup mudah untuk diikuti, insyaAllah anda tidak akan nyasar.

Pengunjung tempat ini cukup ramai, baik di hari libur maupun pada hari biasa. Dan semakin hari wahananya semakin bertambah banyak. Tersedia juga tempat duduk untuk bersantai tanpa harus disewa seperti berikut ini.


Tempat yang indah, suasana yang nyaman, dengan fasiltas yang cukup lengkap dan baik, rasanya tempat ini cocok untuk anda jadikan salah satu pilihan untuk refreshing. Bagi yang sedang mencari inspirasi, dijamin deh inspirasinya bakal muncul segera 😃 dan bisa langsung anda tuangkan ide-ide tersebut dengan smartphone, tablet, or laptop anda. Jangan khawatir akan kehabisan baterai, karena di setiap balai disediakan stock kontak, sehingga anda bisa dengan mudah meng-charge kembali gadget anda. Selamat berlibur kawan 😊 enjoy your life!



No comments:

Post a Comment